oleh

50 Rumah Nelayan Motongkad Selatan Siap Diserahkan

BolmongNews.com, Boltim–Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dikabarkan telah menyiapkan rumah huni bagi 50 orang nelayan di Desa Motongkad Selatan, Kecamatan Motongkad.

Rumah tersebut dipastikan akan diserahkan paska telah adanya perampungan bangunan rumah yang dikerjakan tahun 2018 berdasarkan pengganggaran Direktorat jendral (Dirjen) Perumahan Rakyat, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, senilai Rp 4,9 miliar.

Kepala Dinas PUPR Boltim Sahrul Abdul Muis ST mengungkapkan, setelah adanya kepastian penyerahan rumah bagi nelayan, pihaknya melalui satuan kerja (Satker) masih akan melakukan verifikasi kelayakan bagi para penerima bantuan.

Katanya, berdasarkan rekapitulasi penerima yang diajukan oleh desa sebanyak 60 orang,  sedangkan jumlah rumah yang akan diserahkan tidak mencukupi untuk dibagikan.

“Kita lakukan uji kelayakan siapa yang wajib menerima. Karena bantuan ini hanya 50 unit jadi kita sesuaikan berdasarkan ketersediaan rumah untuk nelayan pesisir,” tutur Muis, ketika dikonfirmasi sore tadi.

Diutarakannya, disamping tahap verifikasi penerima tengah dilakukan pihaknya akan menyiapkan penerbitan Surat Keputusan (SK) Bupati terkait penerima bantuan rumah nelayan.

“Setelah verifikasi SK akan disiapkan dan diajukan untuk ditandatangani,” katanya

Selain itu, tahun ini pemda Boltim akan menseriusi peningkatan kesejahteraan bagi kalangan nelayan. Pihaknya akan melakukan lobi bantuan rumah untuk para nelayan di Desa Iyok dan Loyow, Kecamatan Nuangan.

“Proposalnya sudah diajukan ke kementerian sejak tahun lalu. Proposal itu untuk permintaan rumah bantuan bagi nelayan Desa Iyok dan Desa Loyow,” ungkap Muis.

Menurutnya, terkait usulan tersebut pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat. Harapanya, dari usulan itu akan terakomodir sesuai permintaan.

“Kita lakukan koordinasi terus, insyallah permohonan bantuan itu disetujui,” ujarnya (Lee)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *