oleh

13 Kelompok Tani di Kotamobagu Akan Menerima Bantuan Benih Ikan

BolmongNews.com, Kotamobagu–Sebanyak 13 kelompok tani di Kotamobagu akan menerima bantuan benih ikan dari Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak).

Para penerima ini merupakan kelompok pembudidayaan ikan, yang sudah memiliki akta dari notaris dan telah berjalan selama dua tahun.

Kepala Dinas Pertanak Kotamobagu melalui Kepala  Bidang Perikanan Budidaya, Anto Mamonto,  mengatakan, bantuan tersebut berupa benih ikan patin dan ikan nila. Dimana terbagi dua Kelompok. Yaitu 8 kelompok untuk ikan patin dan 5 kelompok untuk ikan nila.

“Selain benih ikan juga akan diberikan pakan dan beberapa peralatan,” katanya.

Lanjutnya,  bantuan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kelautan Perikanan tahun 2019, dan saat ini tinggal menunggu SK dari Wali Kota.

“Sementara diproses adalah tahap pertama, ada tiga tahapan pencairan. Tahap pertama mereka akan mendapatkan 25 persen, kemudian tahap dua 45 persen, dan tahap tiga 30 persen,” ujarnya.

Ia menjelaskan, per kelompok pemeliharaan ikan patin, akan mendapatkan Rp 37 juta dan pemeliharaan ikan nila Rp 35 juta per kelompok.

Terpisah, Mohammad Yahya Sekretaris Dispertan berharap, dengan adanya bantuan tersebut bisa membantu meningkatkan perekonomian seluruh anggota kelompok tani.

“Budidaya ikan ini harus terus dilanjutkan,  agar bisa membantu meningkatkan ekonomi kelompok tani, ” harapnya. (ewin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *