oleh

Cabjari Dumoga Masuk Sekolah

BOLMONGNEWS.COM, Bolsel–Kejaksaan Negeri Cabang Dumoga melaksanakan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) diwilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Senin (26/8).

Kegiatan yang dipusatkan di SMP Negeri 1 Momalia Kecamatan Posigadan, dipimpin langsung Kepala Cabang Kejari Evans E Sinulingga SH MH. Adapun tema JMS Kejaksaan Negeri cabang Dumoga kali ini yaitu “ Jaksa Sahabat Anak Indonesia Kenali Hukum, Jauhi Hukuman”.

JMS dilaksanakan agar tercipta masyarakat sadar hukum dan taat hukum, serta sebagai wujud nyata kinerja Pemerintah RI melalui program Nawa Cita point ke-8 untuk melakukan revolusi karakter bangsa.

“Ini merupakan program Kejaksaan tentang penyuluhan hukum dan langkah langkah pendidikan karakter dengan sasaran generasi muda anak usia dini,” kata Evans.

Mantan Kepala Seksi Intelijen Kejari Kotamobagu ini menjelaskan, program ini bertujuan untuk memperkenalkan produk hukum pada siswa dan siswi sejak dini. Seperti undang-undang serta mengenal lembaga Kejaksaan dan tupoksinya.

“Disamping memiliki fungsi penegakan hukum, Kejaksaan RI juga melakukan fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan Penyuluhan hukum,” jelasnya.

Lanjutnya, materi yang disampaikan dalam program JMS di SMP N 1 Momalia antara lain, mengenai  bahaya narkoba serta konsekuensi hukum yang bakal diterima bagi yang terlibat narkoba, potensi pelanggaran terhadap Undang undang transaksi elektronik UU ITE nomor 11 tahun 2008 yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik, perjudian dan perkelahian antar pelajar.

Terpisah kepala sekolah SMPN 1 Momalia, Hasna Adam, mengucapkan terima kasih kepada Kejaksaan Negeri Cabang Dumoga.

“Terima kasih sudah melaksanakan program jaksa masuk sekolah di Sekolah kami. Penyuluhan hukum ini sangat penting untuk para siswa dan siswi,” ujarnya. (Wawan Dentaw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *