oleh

Kepala Bappeda Dampingi Bupati Hadiri Kegiatan Konsultasi Regional Pulau Sulawesi

Kepala Bappeda Bolmong, Yarlis Awaludin Hatam, turut juga mendampingi Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow menghadiri acara dalam rangka, konsultasi regional Pulau Sulawesi Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024, digelar Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ballroom Sintesa Peninsula Hotel Manado, Senin (05/08), dan juga melibatkan kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi utara (Sulut), unsur akademisi serta pelaku usaha dan dibuka oleh Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw.

Sekretaris Utama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Dr.Ir. Gellwynn Daniel Hamzah Jusuf, M.Sc dalam arahannya mengatakan, kegiatan ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Mengacu pada regulasi tersebut, PPN/Bappenas menyiapkan rancangan awal RPJMN sebagai penjabaran visi, misi dan program presiden ke dalam strategi pembangunan nasional.

“Konsultasi regional pulau Sulawesi ini bertujuan untuk menyelaraskan target agenda pembangunan nasional dengan pembangunan daerah per pulau besar,” ujarnya. Sambil mengharapkan, PPN/Bappenas berharap pemerintah daerah menyelaraskan rencana pembangunannya dengan pemerintah pusat.

Semantara itu, Kepala Bappeda Bolmong, Yarlis Awaludin Hatam mengatakan, secara garis besar rancangan teknokratik RPJMN 2020-2024 diarahkan pada tujuh sasaran utama, yaitu menguatkan ketahanan ekonomi dan pemerataan wilayah, peningkatan kualitas SDM, pembangunan di bidang kebudayaan dan peningkatan infrastruktur, pelestarian lingkungan hidup serta ketahanan menghadapi bencana, stabilitas politik dan reformasi birokrasi. “Ini merupakan agenda strategis untuk menyelaraskan rencana pembangunan antara pusat dan daerah lima tahun ke depan,” ungkapnya.

Menurut Yarlis, Bupati Bolmong saat memberikan tanggapan di acara Rakon regional Pulau Sulawesi, RPJMN 2020-2024 berharap RPJMN menjadi pedoman untuk mewujudkan sinergi dalam pembangunan. Kabupaten Bolmong berkomitmen menyelaraskan program pembangunan daerah dengan RPJMN.

“Infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan sumber daya manusia menjadi perhatian pemerintah daerah. Dan itu sangat selaras dengan RPJMN 2020-2014,” jelasnya.

Lanjutnya, saat ini Kabupaten Bolmong tengah gencar menuntaskan pembangunan infrastruktur yang bertujuan menurunkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Terutama dibidang pertanian, infrastruktur di sektor pariwisata yang terus dioptimalkan agar lebih selaras dengan RPJMN 2020-2024.

“Semoga penyusunan RPJMN ini mampu menjawab kesenjangan pembangunan di kawasan timur Indonesia, termasuk mampu memberikan percepatan pembangunan di seluruh Sulut, khususnya Kabupaten Bolmong,” ucapnya. (Advertorial)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *