oleh

Bupati Lantik Sonny Waroka Jadi Sekda Boltim

BOLMONGNEWS.COM, Boltim–Bupati Boltim Sehan Landjar SH, melantik Dr. Sonny Waroka sebagai Sekertaris Derah (Sekda) definitif Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Pelantikan dan pengambilan sumpah serta serah terima jabatan Sekda tersebut berlangsung di lantai tiga Kantor Bupati Selasa (7/1/2020).

Bupati Sehan Landjar dalam sambutanya mengucapkan puji syukur kepada tuhan yang Maha Esa, karena setelah beberapa bulan Pemkab Boltim telah memiliki Sekda definitif.

“Setelah pensiunnya Sekda Muhammad Assagaf dan digantikan Pj Sekda Oskar Manoppo dan ini Pj Sekda dr Bahagia, sekarang yang lolos dalam seleksi JPT Pratama Sekda adalah pak Sonny Waroka,” jelas Sehan. Lanjutnya, pelaksanaan pelantikan Sekda ini telah sesuai Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

“Pelantikan Sekda ini telah melalui proses seleksi terbuka JPT Pratama Sekertaris Daerah Kabupaten Boltim dan telah mendapatkan persetujuan dari KASN berdasarkan surat Nomor  B-4576/KASN/12/2019,” terang Bupati.

Dikatakannya, pelantikan ini bertujuan untuk memperlancar tugas pemerintahan dan pelayanan publik.

“Untuk itu pejabat baru dilantik hendaklah memiliki kemampuan, pengetahuan dan kebijakan dalam peran pelayanan, serta membantu menyusun kewajiban kerja serta unit pelayanan lainnya sebagai motor penggerak pemerintahan,” papar Bupati.

Ditegaskannya, ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh Sekda. Pertama, tingkatkan kedisiplinan ASN, serta memberdayakan potensi ASN yang ada. Kedua bangun hubungan yang baik seperti DPRD dan mitra kerja lainnya. Dan tiga kembangkan sistim penyusunan anggaran yang berbasis kinerja dan beri kesempatan kepada OPD untuk penyampaian usulan laporan program.

Sehan juga mengaku, jika dirinya tidak mengintervensi sedikitpun terkait seleksi Sekda. Yang memenuhi persyaratan silakan berkopetensi sesuai kelebihan dan kemampuan masing-masing.

“Ini hasil penilaian dari tim penilai Baperjakat. Saya hargai standar itu Sony Waroka yang tertinggi di antara ketiga yang bersaiang. Meski saya memiliki hak prerogatif, tapi saya tidak merubah itu sesuai keputusan standar nilai dari tim. Penilaian ini normatif bukan subjektif,” aku Sehan.

Sementara itu Sekda yang baru dilantik Sonny Waroka, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya.

“Amanah ini akan selalu saya jaga dan kerjakan dengan sebaik baiknya. Makanya saya butuh koordinasi dan kerjasama yang baik dengan SKPD dan seluruh ASN di Boltim,” kata Sekda. (*)

Komentar