oleh

Disparbud Akan Kembangkan Potensi Desa Sia’ Untuk Objek Wisata

BOLMONGNEWS. COM, Kotamobagu—Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kotamobagu, terus berupaya melakukan terobosan-terobosan tentang pengembangan objek wisata dan kebudayaan. Yakni dengan memaksimalkan seluruh potensi yang ada.

Plt Kepala Disparbud Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta ST, MM mengatakan, beberapa potensi yang akan dikembangkan salah satunya potensi view yang ada di desa Sia’ Kecamatan Kotamobagu Utara.

“Desa Sia’ jika dilihat dari letak geografisnya berada pada dataran tinggi. Jadi kita akan lihat potensi view dari desa Sia’ dan kearifan lokalnya. Jadi memang kami juga sudah membuat kajian internal,” kata Anki, Kamis (16/1/2020).

Untuk perencanaan program pengembangan wisata ini, Anki mengatakan, akan melakukan rapat bersama Kepala Desa. “Kami akan sinergi dengan Kepala Desa termasuk penganggaran karena di Disparbud anggarannya terbatas,” ujarnya.
Jika dimungkinkan, terang Anki, Disparbud akan jadikan desa Sia’ sebagai objek Wisata Paralayang. “Kalau bisa dijadikan objek wisata olahraga paralayang kenapa tidak. Tinggal kita melihat lintasannya,” ujarnya.

Selain itu, di Desa Sia’ kata Anki, terdapat potensi yang lain. Dimana desa ini memiliki kerajinan sapu ijuk.
“Nah jika ini diberdayakan akan lebih baik lagi seperti membuat gerai dan lainnya. Ada juga usaha gula merah dari air nira di desa itu, ini juga sangat baik untuk dikembangkan,” pungkasnya. (ewin)

Komentar